Perhimpunan Jiwa Sehat Indonesia (PJS) atau Indonesia Mental Helath Association (IMHA) merupakan organisasi pertama yang diinisasi dan dijalankan oleh Penyandang Disabilitas Psikososial (penyandang disabilitas mental) sejak tahun 2008, dengan tujuan untuk melakukan advokasi perlindungan dan pemenuhan hak-hak Penyandang Disabilitas Psikososial (PDP) di Indonesia. PDP adalah orang-orang yang mengalami disabilitas karena masalah kejiwaan yang dialaminya.

Visi PJS adalah sebuah dunia yang inklusif dan berkeadilan, dimana penyandang disabilitas psikososial bisa hidup secara setara, sejahtera,  mandiri dan berpartisipasi penuh di masyarakat dalam semua aspek kehidupan.

Misi PJS adalah melakukan advokasi bagi hak-hak penyandang disabilitas psikososial di Indonesia berdasarkan Konvensi Hak-Hal Penyandang Disabilitas melalui kegiatan advokasi, kampanye, lobby, upaya hukum, kerja media, penyadaran publik, training, workshop, riset, seminar, diskusi dan kegiatan-kegiatan terkait lainnya.

Dalam menjalankan misinya PJS melakukan kerjasama dengan berbagai pihak seperti organisasi-organisasi lintas disabilitas, Lembaga-Lembaga HAK Asasi Manusia Nasional (National Human Rights Institute), lembaga-lembaga bantuan hukum, organisasi perempuan dan berbagai civil society organization.

PJS juga menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga-lembaga internasional.  PJS adalah salah satu organisasi yang mendirikan dan menjadi steering committee dari TCI Asia, organisasi penyandang disabilitas psikososial di Asia dan Pasifik.

Bersama-sama dengan 6 (enam) organisasi disabilitas lain yang bergabung dalam Kelompok Kerja Koalisi Nasional Disabilitas, PJS  membuat draft, melakukan lobby dan advokasi lahirnya berbagai peraturan perundang undangan yang berdasarkan CRPD,  termasuk Undang Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

PJS  juga berhasil  melakukan advokasi terhadap hak pilih penyandang disabilitas psikososial dalam pemilihan umum.

Salah satu fokus advokasi PJS yang utama adalah memperjuangkan hak-hak penyandang disabilitas mental yang hidup terkurung di panti-panti sosial sosial agar bebas dari kekerasan dan berbagai bentuk tindakan tidak manusiawi lainnya, dan hak mereka untuk bebas dari pant-panti sosial serta hidup secara mandiri di masyarakat.  

Saat ini PJS telah cukup berhasil mendorong isu disabilitas mental yang sebelumnya merupakan isu marginal menjadi salah satu isu utama dalam gerakan disabilitas di tingkat nasional.

                                                                                                                                                                                                  

Alamat: Jl. Asem Gede 2 No. 9M, Utan KayuSelatan, Jakarta Timur, DKI. Jakarta 13120

No. Tlp/Fax: +62 2121015882

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.; This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.